9 Profesi Ini Layak Kamu Pertimbangkan. Meski Sedikit Peminat, Mereka Punya Peluang Besar di Masa Depan

adminMarch 30, 2016Views 77

Mencari kerja memang bukan perkara gampang. Tak sebandingnya lapangan kerja yang tersedia dengan jumlah pencari kerja menjadi salah satu faktor utamanya. Selain itu standar gengsi yang semakin tinggi akibat tambahan gelar di belakang nama juga sangat berpengaruh. Gelar membuat kita tak lagi mau bekerja di bidang yang biasa-biasa saja. Jenis profesi menjadi lebih penting dibandingkan seberapa besar manfaat yang bisa kita berikan.

Padahal bekerja bukan hanya sekedar mencari harta tapi juga berbagi manfaat dan makna kepada orang lain. Karena itu profesi-profesi ini harus kamu lirik dan pertimbangkan untuk menjadi bagian dari perjalanan karirmu.

1. Makin banyak gedung tinggi yang ramah lingkungan dibutuhkan. Peluang karir Green Construction Managers pun terbuka lebar untukmu.

Pekerja Konstruksi juga harus peduli lingkungan via trinityriverassociates.com

Pembangunan gedung-gedung tinggi, fasilitas transportasi, dan berbagai macam bangunan lainnya kini terus dilakukan mengingat semakin sempitnya lahan yang tersedia. Di sisi lain, ada dampak-dampak negatif yang ditimbulkan oleh berdirinya suatu bangunan terhadap lingkungan sekitar. Seorang construction managers terutama yang paham tentang lingkungan akan terus dicari. Tak hanya mengejar modernisasi tapi juga menjaga lingkungan agar tetap lestari.

2. Biar kualitas sinetron di dalam negeri melaju ke level atas, ini saatnya kamu melamar jadi penulis skenario sinetron yang berkualitas.

Sinetron kita butuh cerita yang “kaya” via ruangguru.com

Wajah sinetron Indonesia semakin memprihatinkan terutama dari sisi cerita yang diangkat. Nilai-nilai dan pesan yang disampaikan dalam cerita terlalu ‘abu-abu’ dan bahkan tak bermakna. Sinetron kita benar-benar sedang mengalami krisis dalam penulisan ceritanya. Penulis skenario yang tak hanyut dalam komersialisasi dan mampu membangun cerita yang kuat sedang sangat dibutuhkan sekarang. Peluang untuk menjadi sukses pun terbuka lebar jika kamu mampu menyaingi sinetron impor yang kini masih digandrungi. Setidaknya membuat sinetron Indonesia digandrungi masyarakatnya sendiri.

3. Kalau menjadi tenaga kesehatan itu soal mengabdi, maka menjadi tenaga kesehatan di daerah terpencil patut untuk dipertimbangkan.

Mengabdi di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal via ugm.ac.id

Jumlah akademi kesehatan semakin banyak, hampir di setiap kabupaten kita bisa menemukan Akper atau Akbid. Namun kualitas pelayanan kesehatan terutama di daerah-daerah terpencil Indonesia masih sangat memprihatinkan. Sementara itu lulusan Akper dan Akbid sulit mencari pekerjaan di kota. Kamu yang kebetulan memiliki latar belakang pendidikan kesehatan sebaiknya mulai melirik peluang di daerah terutama 3T. Jenjang karirmu mungkin akan lebih lancar disana dibandingkan di kota.

4. Adanya acara TV yang berkualitas juga merupakan campur tangan kameramen yang berkualitas pula. Sayangnya saat ini masih jarang kita temui.

Mengambil angle yang bagus dan nggak cuma itu-itu saja via opiquepictures.com

Tak hanya penulis skenario saja, angle pengambilan gambar di berbagai acara TV terutama sinetron juga sering diremehkan. Kualitas pengambilan gambar yang biasa-biasa saja membuat sinetron kita sulit mendunia karena dianggap kurang profesional. Mau kan sinetron kita bisa seperti drama Korea yang mendunia?

5. Sampah tak selalu jadi benda yang tak ada nilai gunanya. Sebagai recycler sampah, kamu bisa membuat sampah punya nilai jual. Dan lagi pekerjaan ini membantu mengurangi volume sampah.

Mengubah sampah menjadi uang via fa.oregonstate.edu

Bukan pemulung ya guys! Recycler sampah adalah pengelola sampah yang mampu mengubah sampah menjadi uang atau barang yang lebih berguna. Tiap harinya ada jutaan sampah yang dihasilkan di Indonesia namun semuanya hanya menjadi polusi saja, bahkan tak jarang menjadi penyebab berbagai macam penyakit. Berpikirlah out of the box dan jadilah miliuner sampah yang mampu menyelamatkan lingkungan.

6. Kalau cuma tinggal orang tua saja yang masih mau jadi petani, lalu apa kabar ketahanan pangan negara kita di masa depan?

Petani muda generasi penerus bangsa via tabloidsahabatpetani.com

Sebagian besar petani Indonesia sekarang berasal dari generasi “kakek” kita dan hampir tidak ada pemuda yang mau menjadi petani. Lahan untuk menananam tanaman pangan pun perlahan berubah menjadi perumahan bahkan perhotelan. Jika terus seperti ini kita mau makan dari mana? Bayangkan 10 tahun ke depan saat generasi kita sedang menjadi pemimpin bangsa ini dan tidak ada satupun yang menjadi petani? Mau mengimpor semua bahan makanan dari luar negeri?

7. Cuma dengan menjadi guru dan menularkan pengetahuan, kamu sudah layak disebut pahlawan tanpa tanda jasa.

Tak hanya mengajar, tapi juga menanamkan karakter via i1os.com

Masa-masa sekolah dasar adalah masa yang paling menentukan karena disanalah karakter kita dibangun. Guru sebagai fasilitator harus kreatif dan mampu mengembangkan kepribadian dan kecerdasan anak dengan baik. Tak hanya mengajar saja tapi juga mendidik mereka. Kamu mau kan jadi salah satu bagian dari penuntun generasi bangsa selanjutnya?

8. Permasalahan remaja yang makin kompleks, membuat peluang menjadi psikolog remaja makin terbuka lebar. Bantu mereka agar tak salah jalan.

Remaja butuh pendampingan untuk menjawab rasa ingin tahu mereka via beylikduzupsikolog.org

Masa remaja adalah masa yang paling indah sekaligus paling rawan karena adanya rasa ingin tahu yang besar . Narkoba dan seks bebas menjadi bayang-bayang hitam yang menghantui kehidupan mereka. Remaja butuh orang-orang yang mampu mendampingi hidup mereka dan memberikan masukan-masukan yang positif. Peluangmu menjadi psikolog remaja sangat besar. Kamu bisa membantu mereka untuk tidak salah langkah dalam menjalani hidup.

9. Nggak cuma sekedar menentukan mana yang benar dan mana yang salah yang bisa menimbulkan pertikaian, tugas utama pemuka agama justru mengajarkan perdamaian.

Peran pemuka agama menjadi sangat penting di tengah maraknya konflik via youtube.com

Indonesia sebagai negara multi agama memiliki banyak isu-isu konflik yang tak kunjung redam. Peran pemuka agama menjadi penting untuk menengahi konflik dan memberikan pengertian yang benar tentang bagaimana toleransi kehidupan beragama. Pemuka agama menjadi garda terdepan untuk mengampanyekan isu-isu perdamaian negeri ini.

Pilihan karir memang menjadi hak setiap orang. Tapi memiliki pekerjaan yang bisa berguna untuk orang lain, nantinya akan lebih berarti.

Categories